11 September, 2009

Godzilla

Saat memberikan keterangan pers di Kejaksaan Agung, Jumat 11 September 2009, seperti yang diberitakan dalam Tempo Interaktif, Jaksa Agung Hendarman Supandji mengibaratkan kalau kepolisian bekerja sama dengan kejaksaan sudah bukan buaya lagi, tapi Godzilla. Beliau mengatakan hal itu terkait rencana menjerat Robert Tantular, bekas Komisaris Bank Century, dengan pasal korupsi dan pencucian uang, dimana kejaksaan akan bergabung dengan kepolisian dalam menangani kasus itu.

Namun karena Cicak vs Buaya sedang hangat-hangatnya menjadi metafora perseteruan KPK dan Kepolisian yang juga masih ada kaitannya dengan kisruh Bank Century, bisa saja pak Hendarman dituduh ingin membawa institusinya berpihak atau malah bersekongkol dengan kepolisian untuk melawan KPK. Untung para cicak mungkin ingin berkonsentrasi menghadapi buaya dan belum siap untuk membuka front baru sehingga pernyataan pak Jaksa Agung ini tidak menimbulkan kehebohan baru.

Cicak sendiri sebetulnya binatang yang tidak suka cari masalah, habitatnya numpang manusia, siang tidur malam bekerja, suaranya santun, makanannya serangga. Ada juga cicak dapur yang makan nasi, remah-remah sisa makanan manusia sampai kopi, mungkin tadinya karena serangganya habis disemprot manusia sehingga sang cicak terpaksa makan nasi... terus ketagihan, yang ini domisilinya selain didapur juga di lemari dan meja makan, jadi agak mengganggu.

Buaya tinggal di air tawar yang tidak terlalu dalam, seperti sungai atau rawa-rawa di alam liar yang jauh dari permukiman manusia. Makannya apa saja, dari binatang sampai manusia, hidup atau bangkai, cuman harus cukup besar - minimal sebesar ayam, gitu lho.

Jadi sebetulnya cicak lawan buaya adalah absurd, habitatnya saja berjauhan. Jadi hanya bisa terjadi dalam fabel - dongeng binatang.

Nah kalau Godzilla adalah tokoh rekaan dalam film, sama halnya dengan Harry Potter atau Rambo, tapi yang ini adalah binatang purba, makanannya tidak jelas. Dalam film bersekuel produksi TOEI yang populer ditahun 60an digambarkan monster raksasa ini kerjaannya cuma membunuh, merusak dan menghancurkan apa saja yang didepannya: manusia, bangunan, jembatan, mobil, tank sampai pesawat terbang.  Serem ya.

Tidak ada komentar: